Manusia Memiliki Lebih sedikit Gen dari Perkiraan  

Posted by Praptiwi Hapsari

              Sebuah analisa dan penelitian mendalam terhadap gen manusia menunjukan bahwa kita memiliki lebih sedikit gen dari perkiraan semula. Tidak seperti dugaan awal yang mnyebut angka 100.000 gen, para ilmuan yang tergabung dalam Human Genome Project, penelitian gabungan para ahli dari 20 institusi di AS, Eropa dan Asia mengeluarkan jumlah gen hanya 20.000 sampai 25.000.
              Dengan mengidentifikasi gen pada manusia dan apa kegunaannya, para ilmuwan berharap dapat mempercepat dignosa dan terapi-terapi terhadap berbagai macam penyakit. Para ahli berharap dapat menemukan cara pencegahan dan pengobatannya. Selain itu mereka juga berharap dapat menyelesaikan daftar lengkap mengenai semua gen manusia dan protein-protein yang terkait dengannya untuk membantu riset-riset biomedis.
              adapun laporan lengkap mengenai temuan ini dimuat dalam jurnal Nature. Di dalamnya terdapat 99% bagian berisi gen dalam tubuh manusia, identifikasi terhadap 99,7 % gen yang di ketahui, dan 99,9% diyakini benar. Kelengkapan ini memungkinkan para ilmuwan mencari berbagai penyebab penyakit dan faktor-faktor turunan yang menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit. Pengetahuan tentang gen diharapkan pula bisa mengantar pada temuan obat-obat baru dengan penyesuaian terhadapnya.   







This entry was posted on Senin, 11 April 2011 at 21.49 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar